JENIS-JENIS PENELITIAN

Sobat Teras,

Perlu sobat teras ketahui ada beberapa jenis penelitian. Secara garis besar, penelitian dapat di bagi ke dalam lima kategori. Nah apa saja ya itu ? Berikut penjelasan mengenai jenis-jenis penelitian.

 

Penelitian berdasarkan tujuannya

Berdasarkan tujuannya, penelitian dapat digolongkan menjadi dua kelompok berikut;

  1. Penelitian dasar (basic research), kegiatan utama penelitian ini adalah mengumpulkan informasi guna menyusun konsep dan hubungan, serta teori untuk menemukan prinsip- prinsip umum mengenai suatu topik yang nyata dalam masyarakat.
  2. Penelitian terapan (applied research), berusaha menerapkan, menguji, dan mengevaluasi kemampuan suatu teori dalam memecahkan suatu persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis lain dalam penelitian terapan, yaitu penelitian evaluasi yang dilakukan untuk menilai pelaksanaan suatu program.

 

Penelitian berdasarkan metodenya

  1. Penelitian historik, fokus kajian penelitian ini adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau.
  2. Penelitian survei, berusaha memperoleh informasi dari berbagai kelompok atau orang dengan cara penyebaran atau kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Penelitian eksperimen, dengan merekayasa dan mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan sesuai dengan tujuan penelitian.
  4. Penelitian observasi, tujuan penelitian ini adalah memperoleh berbagai data konkret secara langsung di lapangan.

Penelitian berdasarkan taraf pemberian informasi

  1. Penelitian eksploratif. Penelitian ini menggali suatu gejala yang masih baru. Penelitian ini bisa diidentikkan dengan penelitian yang menggunakan pertanyaan “apa” dan “siapa”. Tujuan penelitian ini adalah:
  • Untuk mengembangkan gagasan dasar mengenai topik baru, dan
  • Memberikan dasar bagi penelitian lanjutan
  1. Penelitian deskriptif. Penelitian ini memberikan gambaran yang lebih detail tentang suatu gejala atau fenomena. Merupakan lanjutan dari penelitian eksploratif. Penelitian ini diidentikkan dengan penelitian yang menggunakan pertanyaan “bagaimana”. Tujuan penelitian ini adalah:
  • Menggambarkan mekanisme sebuah proses, dan
  • Menciptakan seperangkat kategori atau pola
  1. Penelitian eksplanasi. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan penjelasan tentang mengapa suatu kejadian atau gejala terjadi. Hasil akhirnya adalah berupa hubungan sebab akibat. Penelitian ini diidentikkan dengan penelitian yang menggunakan pertanyaan “mengapa”. Tujuan penelitian ini adalah:
  • Menghubungkan pola-pola yang berbeda namun memiliki keterkaitan
  • Menghasilkan pola hubungan sebab akibat

 

Penelitian berdasarkan data yang dikumpulkan

  1. Penelitian kuantitatif, menekankan pada jumlah data yang dikumpulkan. Pendekatan penelitian ini menggunakan teknik survei.
  2. Penelitian kualitatif, menekankan pada kualitas data atau kedalaman data yang diperoleh. Teknik berupa wawancara, dan tidak dianalisis dengan statistik.

 

Penelitian berdasarkan tempat pelaksanaannya

  1. Penelitian laboratorium. Dilakukan di suatu tempat khusus untuk mengadakan studi ilmiah dan kerja ilmiah.
  2. Penelitian lapangan. Dilakukan dalam kehidupan sebenarnya.
  3. Penelitian perpustakaan (kepustakaan). Bertujuan mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai materi yang terdapat diperpustakaan.

 

Sumber :

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2016. Sosiologi; Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA/MA Kelas X. Esis Erlangga. Jakarta