Biografi : Auguste Comte Berkontribusi Besar dalam Ilmu Sosial

Sobat Teras !
Silahkan untuk Like dan Subscribe chanel YouTube terassos di link bawah ini :
https://www.youtube.com/channel/UCRS1E3Fm5AuVSk-K90h9yNQ 

Berikut ulasan Biografi Auguste Comte

Berasal dari keluarga bangsawaan.

Auguste Comte memiliki nama panjang Isidore Marie Auguste Francois Xavier Comte yang lahir pada 17 Januari 1798 di Montpellier, Paris. Comte berasal dari keluarga bangsawan Katholik, namun tak lama kemudian Comte melihat sebuah perbedaan yang mencolok antara agama Katholik yang dianutnya dengan pemikiran keluarga Monarki yang berkuasa sehingga terpaksa membuat Comte meninggalkan tanah kelahirannya.

Tokoh Sosial yang Intelektual

Montpellier adalah tanah kelahiran Comte yang terletak di bagian selatan Prancis, Comte menempuh pendidikan di sebuah kota kecil di bagian barat daya dari negara Perancis sampai selesai, setelah itu Comte melanjutkan pendidikannya di Ecole Polytechnique di Paris dengan tidak lama dikarenakan sekolah tersebut ditutup pada tahun 1816, sehingga Comte melanjutkan pendidikannya di sekolah kedokteran di Montpellier.

Berselang setahun kemudian pada bulan agustus 1817 Comte menjadi murid sekaligus sekertaris dari Cloude Hendri de Rouvroy, Comte de Saint Simon yang berpengaruh pada Comte masuk dalam lingkungan intelektual, hingga pada tahun 1824 Comte meninggalkan Saint-Simon karena merasa tidak cocok dalam pengembangan intelektualnya.

Pada tahun 1822 Comte berencana mempublikasikan studi Ilmiah tentang pengaturan kembali masyarakat dalam penelitian tentang filosofi positivismenya, tetapi saat itu Comte gagal mendapatkan posisi akademis sehingga menghambat publikasi penelitiannya.

Memiliki kisah cinta yang tragis

Kehidupan pribadi Comte dipenuhi dengan kemiskinan, Comte adalah sosok emosional dalam bersahabat, Comte dikenal arogan kejam dan mudah marah sehingga ditahun 1826 dia dibawah ke rumah sakit jiwa, selain itu sering kali terjadi konflik dalam persoalan cinta bahkan pernah melakukan percobaan bunuh diri, Comte memiliki kisah cinta yang tragis, menikah dengan Caroline Massin seorang pekerja seks dan bercerai pada 1842, pada tahun 1844 Comte menjalin kasih dan menikah dengan Clotide de Vlaux, namun itu tidak bertahan lama disebabkan sakit Tubercolosis dan istrinya meninggal dunia.

Bapak positivisme dan Pencetus Sosiologi

Pada 1851-1854 Comte mulai bangkit dan menerbitkan bukunya yang berjudul Systeme de Politique Positive, dan akhirnya wafat di Paris pada tanggal 05 September 1857 dan dimakamkan di Cimetiere du Pere Lachaise, Comte dikenal sebagai bapak positivisme dan juga dianggap sebagai orang pertama yang mencetuskan istilah sosiologi sebagai ilmu pengetahuan modern yang mempelajari aspek sosial dari kehidupan manusia, Comte adalah tokoh sosiologi klasik awal, ideologi positivisme Comte mengusung keyakinan bahwa masyarakat dapat dipahami sesuai dengan hukum ilmu alam.

Pemikiran Auguste Comte

Salah satu sumbangan pemikirannya terbesar dalam ilmu sosial khususnya terhadap sosiologi adalah tentang hukum kemajuan kebudayaan masyarakat yang dibagi menjadi tiga zaman yaitu: Zaman teologis adalah zaman di mana masyarakatnya mempunyai kepercayaan magis, percaya pada roh, jimat serta agama, dunia bergerak menuju alam baka, menuju kepemujaan terhadap nenek moyang, menuju ke sebuah dunia dimana orang mati mengatur orang hidup. Zaman metafisika yaitu masa masyarakat dimana pemikiran manusia masih terbelenggu oleh konsep filosofis yang abstrak dan universal. Zaman positivis yaitu masa dimana segala penjelasan gejala sosial maupun alam dilakukan dengan mengacu pada deskripsi ilmiah (hukum-hukum ilmiah)