SEBUAH GAYA HIDUP SEBAGAI KOMODITAS

Gaya hidup merupakan bagaimana manusia melakukan tindakan dalam kehidupan dengan memperhatikan kesan atas tindakannya. Menurut KBBI, gaya hidup merupakan cara mengekspresikan diri melalui aktivitas, minat, dan opini, khususnya yang berkaitan dengan citra diri. Jika di kehidupan sehari-hari sering terdengar gaya hidup sehat, gaya hidup mewah, gaya hidup modern, dsb. Maka, bagaimana sebenarnya hal terkait gaya hidup dapat menghidupi manusia?

Contoh sebuah gaya hidup sehat, diperlukan barang atau sesuatu untuk mendukung gaya hidup sehat, barang atau sesuatu tersebut seperti makanan, minuman, alat olahraga. Berdasarkan 3 barang tersebut, seseorang mungkin tidak mampu mencukupi kebutuhan tersebut sendiri, sehingga seseorang harus membeli. Ketika gaya hidup sehat tersebut dilakukan oleh banyak orang, bukan tidak mungkin terdapat permintaan atas suatu barang untuk mewujudkan gaya hidup sehat, dan dari situlah barang menjadi suatu komoditas, pelaku ekonomi akan menangkap komoditas (barang sebagai  benda niaga/memiliki nilai jual-beli) sebagai barang yang memiliki pangsa pasar dan gaya hidup dapat menghidupi kehidupan orang lain. Jika contoh tersebut merupakan contoh yang sangat mudah untuk diterima, maka dapat dikatakan bahwa contoh gaya hidup sehat tadi sudah memasuki kehidupan postmodern. Namun jika tidak sepenuhnya, masih terdapat barang atau sesuatu yang dapat didapatkan tanpa adanya proses jual beli, maka belum pada memasuki kehidupan postmodern. Piliang (Sari) Ciri dari masyarakat posmodern adalah menjadikan hampir semua sisi kehidupan menjadi komoditas yang bisa perjualbelikan, sehingga masyarakat posmodern dikatakan sebagai masyarakat konsumer. Komodifikasi telah merambah pada bidang-bidang pendidikan, kebudayaan, keagamaan, tubuh, hasrat, bahkan kematian

Seorang sosiolog bernama Karl Marx yang juga seorang ekonom mengenalkan konsep komoditas, komoditi dan kemodifikasi. Menurut Marx, Komoditas merupakan barang yang bisa diperjual belikan di pasar (bukan pasar dalam arti fisik, namun pasar secara kondisi). Komoditi merupakan barang yang harus dimiliki manusia untu memenuhi  kebutuhan   manusia   itu  sendiri. Namun, penciptaan komoditi ini terbatas, sehingga untuk mendapatkannya manusia harus mengorbankan sesuatu yang berharga miliknya. Sedang komodifikasi meupakan proses memberikan nilai ekonomis pada sesuatu yang tidak memiliki nilai yang mana, suatu komoditas menjadi tidak hanya penting dan berguna tetapi juga berdaya jual (Masruroh: 2019)

LITERATUR

https:/kbbikemdikbud.go.id/entri/gaya%20hidup

Sari, N. P. R. Komodifikasi (Komoditifikasi) dalam Industri Perhotelan di Bali.

https://www.researchgatenet/publication/330870061_KONSEP_KOMODITI_STUDI_KOMPARASI_PEMIKIRAN_KARL MARX_WEBERIAN_DAN_EKONOMI_ISLAM  Masruroh, Nikmatul (2019)