Contoh Soal BAB 3 Sosiologi SMA Kelas XI – Perbedaan Kesetaraan dan Harmonisasi Sosial

Sahabat Teras, berikut adalah beberapa contoh latihan soal untuk kalian yang sedang belajar materi BAB 3 Sosiologi di SMA Kelas XI. Yakni Bab materi Perbedaan Kesetaraan dan Harmonisasi Sosial.

Adapun rincian penjelasan seluruh materi BAB 3 ada di bawah ini;

1. Pengertian Struktur Sosial dalam Masyarakat

2. Diferensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial dalam Msayarakat

3. Pengertian, Faktor Pendorong dan Bentuk Mobilitas Sosial

Contoh Soal !

1. Penggolongan masyarakat ke dalam ras Kaukasoid, ras Mongoloid, ras Negroid, ras Melanosoid, dan ras Australoid, merupakan bagian dari keanekaragaman sosial yang menggunakan parameter …

a. Ciri kebudayaan

b. Ciri ritual

c. Ciri fisik

d. Status sosial

e. Peran sosial

ANS:

2. Kategorisasi di masyarakat sering dibedakan dalam strata yang berbeda antara golongan elit, profesional, semiprofesional, serta pekerja terlatih. Perbedaan derajat sosial di antara golongan-golongan tersebut berhubungan dengan…

a. Pekerjaan dan kekayaan

b. Kekayaan dan pendidikan

c. Keturunan dan kekuasaan

d. Kekuasaan dan pendidikan

e. Pekerjaan dan pendidikan

ANS:

3. Seiring dengan perkembangan zaman (adanya emansipasi wanita), seorang wanita boleh bekerja seperti seorang laki-laki. Di Bali perempuan bisa menjadi tukang batu, tukang cat. Padahal menjadi tukang batu dianggap tidak pantas dilakukan oleh seorang perempuan karena biasanya pekerjaan tersebut dilakukan oleh seorang laki-laki. Berdasarkan cerita tersebut, perbedaan dasar diferensiasi jenis kelamin dan gender yaitu….

a. gender bukan berkaitan dengan peran kedudukan dan tugas laki-laki maupun perempuan. Sedangkan jenis kelamin berdasarkan sifat dan fungsi biologi

b. gender merupakan perbedaan peran, hak dan kewajiban, kuasa dan kesempatan antara laki-laki dan perempuan dalam kehidupan masyarakat. Sedangkan jenis kelamin merupakan perbedaan biologis antara laki-laki dan perempuan.

c. gender berkaitan dengan sifat dan fungsi biologi laki-laki dan perempuan untuk meneruskan garis keturunan. Sedangkan jenis kelamin berkaitan dengan pantas dan tidak pantas pekerjaan yang dikerjakan oleh laki-laki maupun perempuan

d. gender tidak memiliki perbedaan-perbedaan antara satu masyarakat dengan masyarakat lain. Sedangkan jenis kelamin merupakan perbedaan biologis antara laki-laki dan perempuan.

e. gender merupakan perbedaan biologis antara laki-laki dan perempuan. Sedangkan jenis kelamin merupakan perbedaan peran, hak dan kewajiban, kuasa dan kesempatan laki-laki dan perempuan dalam kehidupan masyarakat.

ANS:

4. Seorang anak mendapatkan nilai tertinggi saat pelaksanaan ujian nasional sosiologi. Sebelumnya, ia selalu belajar bersama teman-temannya untuk mengerjakan soal-soal latihan. Selain itu, ia juga tidak ragu bertanya kepada guru jika merasakan kesulitan. Dengan nilai UN yang tertinggi ia kemudian diterima sebagai mahasiswa salah satu universitas terkemuka. Status social tersebut termasuk dalam achieved status karena….

a. Diperoleh dengan cara penghargaan

b. Didapatkan secara otomatis

c. Diperoleh tanpa melanggar aturan

d. Tidak diperoleh dengan kecurangan

e. Memperoleh melalui usaha yang keras

ANS:

5. Pak Danu mempunyai 3 orang anak, anak yang pertama mempunyai tingkat pendidikan SMA, anak keduanya mempunyai tingkat pendidikan D3 dan anak ketiganya mempunyai pendidikan S1. Berdasarkan tingkat pendidikan di keluarga pak Danu merupakan ilustrasi adanya stratifikasi sosial di dalam keluarga yang nanti akan berpengaruh di dalam kehidupan sosial masyarakat. Hal ini menjadikan adanya stratifikasi social yang akan terjadi jika….

a. Ada sesuatu yang di anggap baik oleh masyarakat

b. Tidak ada pembagian dalam pembagian hak dan kewajiban dalam masyarakat

c. Masyarakat memiliki system pembagian golongan dan kelas-kelas social masing-masing.

d. Anggota masyarakat memiliki latar budaya belakang yang berbeda-beda

e. Semua anggota masyarakat menyadari fungsinya masing-masing untuk membangun masyarakat yang sejahtera.

ANS:

6. Indonesia merupakan negeri yang begitu luas dengan keanekaragaman suku, ras, budaya, Bahasa dan kepercayaan. Perbedaan yang ada dalam masyarakat Indonesia dijadikan sebagai dasar pemersatu dan meningkatan pembangunan ekonomi nasional dengan menghargai keberanekaragaman. Hal tersebut merupakan perwujudan dari….

a. Masyarakat feodalisme

b. Masyarakat sosialisme

c. Masyarkat liberalisme

d. Masyarkata multicultural

e. Masyarakat demokratis

ANS:

7. Raden Bawono  seorang  mahasiswa  yang  dibesarkan  di lingkungan  keraton/feodal dan memegang  teguh  tradisi  yang  berlaku dalam  Selama di kampus dia merasa kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan teman-temannya yang datang dari berbagai latar belakang sosial budaya. Dia cenderung membatasi pergaulan dan tidak terlibat aktif dalam organisasi kampus.

Dalam contoh kasus tersebut terdapat faktor yang menghambat terjadinya mobilitas sosial, yaitu…

a. Pembatasan kesempatan

b. Diskriminasi kelas sosial

c. Perbedaan hak dan kewajiban

d. Pengaruh sosialisasi yang kuat

e. Latar belakang ekonomi keluarga

ANS:

8. Seorang pengacara bergabung dalam sebuah partai politik dan menjadi anggota DPR. Setelah itu, namanya melejit sebagai pengacara kondang sekaligus anggota dewan yang kritis memperjuangkan rakyat. Ia pun menjadi sosok dalam jajaran politisi yang disegani. Contoh tersebut menunjukkan mobilitas sosial yang diperoleh melalui saluran…

a. Keahlian

b. Pekerjaan

c. Pendidikan

d. Organisasi profesi

e. Organisasi politik

ANS:

 

Selamat mencoba mengerjakan 🙂