Contoh Soal BAB 2 Sosiologi SMA Kelas XI – Permasalahan Sosial dalam Masyarakat

Sahabat Teras, berikut adalah beberapa contoh latihan soal untuk kalian yang sedang belajar materi BAB 2 Sosiologi di SMA Kelas XI. Yakni Bab materi Permasalahan Sosial dalam Masyarakat.

Adapun rincian penjelasan seluruh materi BAB 2 ada di bawah ini;

1. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Pengertian dan Faktor Penyebab)

2. Berbagai Bentuk Permaslahan Sosial di Ranah Publik

3.Upaya Penyelesaian Permasalahan Sosial di Ranah Publik

4. Penyelesaian Masalah Secara Preventif dan Represif.

4 - Post Gambar

Contoh Soal !

1. Di Indonesia masih begitu banyak sekali fenomena anak yang putus sekolah. Salah satu penyebab terjadinya anak putus sekolah adalah pekerjaan orang tua yang tidak tetap sehingga kesulitan membiayai sekolah. Permasalahan social tersebut dilatarbelakangi oleh faktor….

a. Psikologi

b. Lingkungan

c. Kebudayaan

d. Ekonomi

e. Biologis

ANS:

2. Pada bulan Oktober 2019 Maluku diguncang gempa hebat yang membuat para warganya mengungsi ke tenda-tenda pengungsian. Dari peristiwa tersebut timbullah berbagai masalah social, seperti kekurangan makan dan minum, penduduk yang tidak memiliki rumah, penyakit menular, dan anak yang tidak bersekolah. Dari kasus tersebut timbul masalah social yang bersumber dari….

a. Laten social

b. Nyata

c. Perhatian social

d. Bencana alam

e. Ekonomi

ANS:

3. Meningkatnya harga barang kebutuhan pokok dan naiknya tarif dasar listrik memberikan konsekuensi yautu menurunnya daya beli masyarakat. Kegiatan ekonomi masyarakat berkurang sehingga mengakibatkan terhentinya berbagai sector ekonomi kecil dan berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan. Berikut ini merupakan usaha yang dapat di lakukan untuk mengatasi masalah kemiskinan yaitu…

a. memberikan bantuan langsung tunai

b. memberikan fasilitas kesehatan dan pendidikan gratis

c. meningkatkan sumber daya manusia

d. memberikan bantuan modal kerja yang diawasi

e. memberikan fasilitas pinjaman modal

ANS:

4. Meningkatnya kriminalitas di kota besar menjadi masalah tersendiri yang sangat meresahkan warga. Masyarakat menjadi tidak aman ketika meninggalkan rumah mereka, bahkan saat di dalam rumah sendiripun tidak menutup kemungkinan terjadi kejahatan. Upaya yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah….

a. memberikan pendidikan tentang keamanan diri bagi masyarakat

b. menerapkan sanksi yang tegas dan mengikat bagi pelaku kejahatan

c. mengimbau warga masyarakat agar waspada terhadap kejahatan

d. memberikan pembinaan bagi residivis supaya tidak kembali melakukan kejahatan

e. melarang setiap kegiatan perkumpulan yang mengarah pada tindakan kejahatan

ANS:

5. Sejak zaman dahulu Indonesia dikenal sebagai negara yang bertanah subur, sumber daya alam melimpah sehingga menjadi tujuan bangsa kolonial untuk mengambil kekayaan alam itu demi kepentingan bangsa penjajah. Secara teoritis rakyat yang berada di negara dengan sumber daya alam melimpah akan terbebas dari kemiskinan. Namun bisa saja kemiskinan timbul karena salah kelola terhadap pembagian kekayaan negara, yang dikenal sebagai ….

a. kemiskinan akhlak

b. kemiskinan absolut

c. kemiskinan natural

d. kemiskinan struktural

e. kemiskinan kultural

ANS:

6. Kebakaran hutan yang terjadi di Riau dan Kalimantan pada akhir bulan ini terjadi diduga karena adanya oknum dari salah satu perusahanan yang akan membuka lahan pertanian. Pembakaran lahan yang dilakukan tersebut dalam rangka untuk menekan biaya pembukaan lahan sehingga perusahaan dapat mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Tindakan yang dilakukan dalam pembakaran lahan tersebut merupakan tindakan kriinalitas yakni ….

a. Coorporate crime

b. Organized crime

c. White collar crime

d. Blue collar crime

e. Crime without victim

ANS:

7. Adanya sikap peminggiran kelompok-kelompok terntentu dengan lembaga sosial yang utama, seperti struktur ekonomi, pendidikan, dan lembaga sosial ekonomi lainnya mengakibatkan ketidakadilan dalam kehidupan sosial masyarakat. Upaya proses peminggiran tersebut merupakan salah satu bentuk ketidakadilan yakni ….

a. Dominasi

b. Subordinasi

c. Marginalisasi

d. Stereotip

e. Minoritas

ANS:

Selamat mencoba mengerjakan 🙂