Upaya Mengatasi Ketimpangan Sosial dalam Masyarakat

Sahabat Teras,

Ketimpangan sosial yang terjadi dimasyarakat kita tentunya tidak boleh I biarkanbegitu saja. Namun perlu ada upaya nyata baik dari pemerintah maupun masyarakat kita sendiri. Hal ini tentunya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadikan negara Indonesia jauh darri jurang ketimpangan. Nah, kira-kira apa saja sih hal yang bisa di lakukan untuk mengatasi ketimpangan sosial yang ada ? Yuk simak penjelasan di bawah ini ;

Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

Sahabat teras, sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mengatasi ketimpangan sosial masyarkat selain faktor sumber daya alam. Oleh sebab itu, upaya peningkatan kualitas penduduk sangat penting untuk mengurangi tingkat ketimpangan sosial ini. Upaya-upaya yang dapat dilakukan seperti meningkatkan kualitas dan fasilitas pendidikan kita. Membangun kursus-kursus untuk membina ketrampilan masyarkat. Dan membangaun keraifan lokal yang ada di masyarkat kita sehingga masyarkaat bisa bertahan dan mensejahterakan kualitas mereka sendiri.

Baca juga : Faktor yang Mempengaruhi Ketimpangan Sosial

Mobilitas Geografis (Pemerataan Penduduk dan Pembangunan)

Kenapa si harus ada upaya mobilitas geografis ya sahabat teras ? Nah, tentunya hal tersebut sangat perlu di lakukan yang mana bertujuan untuk mengendalikan jumlah penduduk pada suatu daerah, karena mobilitas geografis erat kaitannya dengan perpindahan penduduk. Keadaan ini sebagai suatu upaya untuk mengatasi ketimpangan sosial lewat pemerataan penduduk dan pemerataan pembangunan. Dan sehingga tidak terjadi pembangunan yang terjadi di suatu titik saja.

Selain itu juga bertujuan untuk mencegah terjadinya kepadatan penduduk pada satu daerah yang dapat mempengaruhi timbulnya kesenjangan sosial. Sebagai contoh seperti transmigrasi, dimana penduduk yang padat di wilayah kota berpindah ke wilayah yang kurang penduduk atau lebih sedikit penduduknya.

Perlu kita tau juga bahwa Indonesia telah mengesahkan perpindahak ibukota baru yang berada di Kalimantan. Hal ini akan menjadi sangat bagus dalam rangka pemerataan pertumbuhan penduduk dan juga tentunya ekonomi masyarakat kita.

Menciptakan Peluang Kerja

Selain pemerataan penduduk, menciptakan peluang kerja juga dapat menghindari ketimpangan sosial. Karena biasanya di wilayah atau negara yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi, maka jumlah pengangguran karena kurangnya peluang kerja juga tinggi. Jumlah pengangguran yang tinggi dan kurangnya peluang kerja dapat menimbulkan ketimpangan sosial dalam masyarakat, oleh sebab itu diperlukan suatu upaya untuk menciptakan peluang kerja salah satunya dengan memanfaatkan kondisi lingkungan sekitar. Upaya yang dilakukan tidak hanya dari pemerintah tapi juga harus adanya kerjasama dengan masyarakat.

Penyaluran Bantuan Sosial yang Tepat Sasaran

Pembangunan dan kondisi ekonomi yang tidak merata menyebabkan masih banyaknya warga yang kurang mampu dan membutuhkan bantuan. Penyaluran bantuan sosial yang tepat sasaran bertujuan untuk mengurangi ketimpangan sosial yang ada di masyarakat terutama karena adanya daerah atau masyarakat yang kekurangan bantuan namun justru belum tersentuk bantuan yang ada.

Menciptakan Wirausaha secara Massal (Padat Karya dan UMKM)

Sahabat teras, selain dengan menciptakan lapangan kerja baru, keadaan kemiskinan dan pengangguran diatasi dengan upaya menciptakan wirausaha secara massal. Hal ini bisa dilakukan dengan melaksanakan program padat karya dan UMKM kecil hingga menengah untuk di support oleh pemerintah kita. Sehingga akan menumbuhkan perekonomian dan penghasilan bagi masyarakat kita.

Peningkatan Peluang Pekerjaan

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia memang dapat dibilang sudah cukup baik dan maju, namun pertumbuhan ekonomi seharusnya didukung dengan adanya peningkatan lapangan kerja baru untuk mengurangi angka pengangguran. Pemerintah berupaya menyediakan pelatihan dan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja dan peningkatan keterampilan serta kualitas sumberdaya manusia secara merata. Tujuannya adalah untuk mengurangi adanya ketimpangan sosial di masyarakat karena tingkat pengangguran yang tinggi.

Baca juga : Teori-Teori Ketimpangan Global

Pemberantasan Kekurangan Gizi (Peningkatan Kualitas Kesehatan)

Sahabat teras, tentunya akan sangat aneh jika kualitas SDM kita baik secara pendidikan namun sangat buruk secara keseahat. Hal ini sama saja tidak ada kualitas SMD yang baik. Maka dari itu perlu adanya peningkatan kesehat yang baik. Pemerintah Indonesia berupaya memberantas kekurangan gizi yang banyak terjadi, terutama didaerah terpencil dengan pembangunan yang kurang maju. Kekurangan gizi dianggap memperparah kondisi kemiskinan sebagai salah satu contoh masalah ketimpangan sosial di masyarakat yang haru segera diatasi atau diturunkan. Kasus kekurangan gizi paling tinggi di Indonesia sendiri tercatat terjadi pada daerah Indonesia bagian timur sehingga diperlukan perhatian yang lebih dan khusus.

Sahabat Teras, demikian seikit beberapa upaya mengatasi ketimpangan sosial yang ada di masayarakat kita. Tentunya masih banyak sekali upaya lain yang bisa di lakukan untuk menuntaskan ketimpangan yang ada. Hmm.. kira-kira kalau menurut analisis kalian seperti apa ?

Sumber :

Literasi di Sosial Media

Analsis Penulis