Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli dan Karaktersitiknya

Hallo Sahabat Teras !

Baru-baru ini Indonesia mengikuti kegiatan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) ASEAN ke -36 yang dilaksanakan secara Virtual karena adanya Pandemi Covid-19 ini. Konferensi kali ini dipimpin Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc selaku Ketua ASEAN untuk 2020 dan dihadiri semua pemimpin ASEAN. Perlu sahabat Teras ketahui KTT ASEAN merupakan pertemuan puncak antara pemimpin-pemimpin negara anggota ASEAN dalam hubungannya terhadap pengembangan ekonomi dan budaya antar negara-negara Asia Tenggara.

Nah, kalian tau ngga sih, kalau KKT ASEAN merupakan salah satu bentuk Globalisasi di bidang Ekonomi ? Tapi sebelum membahas globalisasi di bidang kehidupan baik itu ekonomi atau bidang yang lainnya baiknya kita pahami dulu yuk pengertian globalisasi secara umum dan karakteristik dari globalisasi itu sendiri. Berikut penjelasan materi di bawah ini;

Baca juga : Globalisasi di Berbagai Aspek Bidang Kehidupan

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Anthony Giddens

Menurut Anthony Giddens, pengertian globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara peristiwa di satu lokasi dengan lokasi lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.

Emanuel Ritcher

Menurut Emanuel Ritcher, arti globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi ke dalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

Martin Albow

Menurut Martin Albrow, pengertian globalisasi adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

Malcom Waters

Menurut Malcom Waters, pengertian globalisasi adalah suatu proses sosial yang mengakibatkan pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terwujud di dalam kesadaran manusia.

Selo Soemardjan

Menurut Selo Soemardjan, pengertian globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.

Achmad Suparman

Menurut Achmad Suparman, pengertian globalisasi adalah suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.

Baca juga : Dampak Globalisasi terhadap Perubahan Sosial di Tingkat Lokal atau Komunitas

Karakteristik Globalisasi

Robin Cohen dan Paul Kenedy berpendapat bahwa globalisasi adalah “seperangkat transformasi yang saling memperkuat” dunia. Seperangkat transformasi ini merupakan suatu karakteristik yang meliputi hal-hal berikut.

26 - Karakteristik

  1. Perubahan dalam konsep ruang dan waktu. Perlu sahabat Teras ketahui dengan adanya globalisasi ruang dan waktu yang ada di dunia ini tidak berbatas waktu. Sekarang orang bisa kemanapun yang dia inginkan dan dengan waktu yang singkat dan lebih cepat.
  2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan, pembagian pekerjaan yang baru secara internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO)
  3. Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olahraga internasional)
  4. Meningkatnya masalah bersama, misalnya dalam aspek ekonomi, lingkungan, dan permasalahan lazim lainnya seperti AIDS, flu babi, flu burung, perdagangan obat terlarang internasional, dan terorisme internasional.

Sumber :

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2017. Sosiologi; Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA/MA Kelas XII. Esis Erlangga. Jakarta

Murdiyatmoko, Janu dan Citra Handayani. 2018. Sosiologi; Sekolah Menengah Atas Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Grafindo Media Pratama. Bandung