Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial

Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat kita tentunya membawa dampak positif dan negative. Misalnya, perubahan adanya sistem kebijakan pembelajaran di Era Pandemi Covid 19 ini membawa dampak yang cukup signifikan untuk dunia pendidikan kita. Salah satunya ada dampak positif yakni adanya modereniasi yang lebih baik dalam melaksanakan pembelajaran yang pada akhirnya dilakkan secara virtual. Namun di sisi lain kebijakan pembelajaran jarak jauh (Daring) juga membawa dampak negative pada pendidikan kita, salah satunya adanya cultural shock khsusnya kepada peserta didik yang berada di pedalaman atau daerah terpencil atau daerah yang masih belum melek teknologi. Hingga akhirnya pada wilayah tertentu pelaksanaan pembelajaran kurang berjalan dengan baik.

Baca juga : Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial di Masyarakat

Nah, lantas dampak positif dan negative dari perubahan sosial yang lain apa saja sih ? Yuk kita simak pemnjelasan di bawah ini;

Dampak Positif

Sahabat Teras, berikut beberapa contoh dampak positif dari perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat kita;

Modernisasi.

Masyarakat melakukan perubahan sosial yang di rencanakan untuk mencapai kehidupan yang modern. Banyak sekali perubahan yang di arahkan supaya menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih maju dan lebih baik. Dengan terus melakuan inovasi di berbagai aspek-aspek kehidupan.

Efisiensi dalam kehidupan masyarakat.

Dengan adanya perubahan sosial kehiudpan kita sekarang menjadi Efisien. Misal adanya aplikasi Goj*ek yang mampu membuat berbagai aspek kegiatan sehari-hari kita jauh lebih efisien. Beli makan, megirim barang, dan berbagai aspek lainnya bisa di lakukan dengan mudah.

Kesejahteraan Masyarakat meningkat.

Hal ini tentunya karena masyakrat bisa memanfaatkan perubahan dengan benar. Seperti kemajuan teknologi yang digunakan untuk berbisnis ekonomi. Kemajuan Pendidikan bisa menampung siswa siwni untuk belajar dengan baik dan nyaman. Kemajuan berbagai alat transportasi sehingga orang bisa dengan mudah berpergian. Dan masih banyak hal dari perubahan sehingga masyarakat semakin merasa sejahtera.

Transformasi Politik.

Dengan adanya perubahan di bidang politik, maka akan semakin bagus sistem pemerintahan dan tata kelola sebuah negara. Sehingga menjadi lebih baik.

Integrasi.

Perubahan sosial mampu mengintegrasikan dengan baik di berbagai aspek bidang kehidupan. Baik ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, keamanan dan sebagainya.

Baca juga : Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli

Dampak Negatif

Sahabat Teras, selain dampak positif dalam kehidupan kita ternyata perubahan sosial juga membawa dampak yang negative. Setiap perubahan yang terjadi pasti membawa dua dampak tersebut. Berikut beberapa contoh dampak negative dari perubahan sosial.

Disorganisasi Sosial

Disorganisasi dapat di jelaskan sebagai proses pudarnya atau lemahnya norma dan nilai sosial dalam masyarakat yang di sebabkan oleh perubahan sosial. Jika seseorang tidak melakukan filter  dan menerima perubahan dengan baik pada akhirnya bisa melemahkan nilai dan norma yang ada dalam masyarakat.

Cultural Shock

Cultural Shock yaitu keadaan masyarakat yang merasa kebingungan dengan kebudayaannya. Keadaan ini dapat di pahami karena terjadinya perubahan sosial dalam waktu cepat sehingga membingungkan masyarakat jika masyarakat tidak mampu beradaptasi.

Kesenjangan Budaya (Cultural Lag)

Cultural Lag merupakan pertumbuhan kebudayaan yang tidak selalu sama cepat dalam keseluruhan unsur budaya lain. Artinya, ada kebudayaan yang tumbuhnya secara cepat ada kebudayaan yang tumbuhnya secara lambat.

Anomi

Anomi menggambarkan keadaan kacau tanpa peraturan. Emile Durkheim menggambarkan anomi adalah suatu keadaan tanpa norma. Keadaan tersebut terjadi disebabkan oleh adanya perubahan sosial

Peningkatan Tindak Kriminalitas

Sahabat Teras, semakin banyaknya perubahan di berbagai aspek bidang kehidupan juga membawa dampak negative dengan semakin banyaknya cara orang bertindak kriminalitas. Seperti misalnya cyber crime yang marak terjadi sekarang ini merupakan salah satu dampak negative dari perubahan sosial

Pudarnya solidaritas sosial

Solidaritas sosial adalah perasaan emosional dan moral yang terbentuk pada hubungan antar individu atau kelompok berdasarkan rasa saling percaya, kesamaan tujuan dan cita-cita, adanya kesetiakawanan dan rasa sepenanggungan.

Marginalisasi

Marginalisasi merujuk kepada kondisi seseorang atau kelompok yang berada pada wilayah pinggiran dari komunitas dan sistem sosial di masyarakat. Orang-orang yang termarginalisasi mengalami pembatasan terhadap berbagai aspek kehidupan sehingga berada pada pinggiran atau tepi (terabaikan oleh sistem sosial masyarakat)

Sumber :

PR Sosiologi Kelas XII IPS SMA. Intan Pariwara. Klaten

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2017. Sosiologi; Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA/MA Kelas XII. Esis Erlangga. Jakarta