Pengertian Perubahan Sosial Menurut Ahli

Hallo Sahabat Teras !

Indonesia merupakan salah satu negara agraris terbesar di Asia. Nah, pernah nggak kalian I zaman sekarang ini melihat Petani Indonesia membajak sawah mereka menggunakan kerbau ? Hmm, pasti sudah sangat jarang sekali ya untuk melihat Petani yang seperti itu. Hal ini disebabkan karena di era modern seperti sekarang ini para Petani di Indonesia sudah menggunakan mesin disel atau traktor dalam membajak sawah mereka.

Baca juga : TEORI-TEORI PERUBAHAN SOSIAL

Asal kalian tau, fenomena ini ternyata salah satu perubahan sosial yang ada di masyarakat kita lho. Kondisi perubahan itu karena pertanian di Indonesia sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Jadi, kira-kira apa sih perubahan sosial itu ya ?

Berikut pengertian perubahan sosial menurut para ahli ;

Soerjono Soekanto

Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok di masyarakat.

Kingsley Davis,

Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi pada struktur dan fungsi masyarakat.

Willian Ogburn

Perubahan sosial adalah perubahan yang meliputi unsur-unsur kebudayaan, baik unsur material, maupun unsur non-material. Namun yang ditekankan adalah pengaruh unsur material terhadap nonmaterial. Yang dimaksud unsur material kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia, misalnya teknologi. Yang dimaksud dengan unsur non-material adalah hasil kebudayaan yang bersifat lebih abstrak seperti ide, ideologi, dan kepercayaan.

Menurut Robert M.I Lawang

Pengertian perubahan sosial menurut Robert M.I Lawang adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.

Menurut Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi

Pengertian perubahan sosial menurut Prof. Dr. M. Tahir Kasnawi adalah suatu proses perubahan, modifikasi, atau penyesuaian-penyesuaian yang terjadi dalam pola hidup masyarakat, yang mencakup nilai-nilai budaya, pola perilaku kelompok masyarakat, hubungan-hubungan sosial ekonomi, serta kelembagaan-kelembagaan masyarakat, baik dalam aspek kehidupan material maupun nonmateri.

Baca juga : Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial di Masyarakat

Menurut Robert H. Lauer

Pengertian perubahan sosial menurut Robert H. Lauer adalah perubahan dalam segi fenomena sosial di berbagai tingkat kehidupan manusia, mulai dari tingkat individual hingga tingkat dunia.

Menurut Max Weber

Pengertian perubahan sosial menurut Max Weber adalah perubahan situasi dalam masyarakat sebagai akibat adanya ketidaksesuaian unsur-unsur.

Menurut Samuel Koening

Pengertian perubahan sosial menurut Samuel Koening adalah modifikasi-modifikasi yang terjadi dalam pola-pola kehidupan manusia. Modifikasi tersebut terjadi karena sebab-sebab intern maupun ekstern.

Menurut William F. Ogburn

Pengertian perubahan sosial menurut William F. Ogburn adalah perubahan-perubahan yang meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang immaterial, yang ditekankan adalah pengaruh besar unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial.

Menurut Bruce J. Cohen

Pengertian perubahan sosial menurut Bruce J. Cohen adalah perubahan struktur sosial dalam organisasi sosial sehingga syarat dalam perubahan itu adalah sistem sosial, perubahan hidup dalam nilai sosial dan budaya masyarakat.

Menurut Pasurdi Suparlan

Pengertian perubahan sosial menurut Pasurdi Suparlan adalah perubahan dalam struktur sosial dan pola-pola hubungan sosial yang mencakup sistem status, hubungan keluarga, sistem politik dan kekuasaan, maupun penduduk.

Baca juga : Dampak Positif dan Negatif Perubahan Sosial

Menurut Atkinson dan Brooten

Pengertian perubahan sosial menurut Atkinson dan Brooten adalah proses yang membuat sesuatu atau seseorang berbeda dengan keadaan sebelumnya dan merupakan proses yang menyebabkan perubahan pola perilaku individu atau institusi. Ada empat tingkat perubahan yang perlu diketahui yaitu pengetahuan, sikap, perilaku, individual, dan perilaku kelompok.