Upaya Penyelesaian Permasalahan Sosial di Ranah Publik

Hallo sahabat Teras !

Semua masalah yang ada di masyarakat pasti memiliki solusi atau upaya penyelesaiannya. Tentunya perlu suatu kajian yang matang dalam rangka menyelesaikan permasalahan tersebut agar sesuai atau tepat sasaran. Nah kali ini kita akan membahas beberapa upaya penyelesaian masalah di Ranah Publik. Baik itu Kemiskinan, Kriminalitas, Kesenjangan Sosial dan Ketidakadilan.

Apa saja upaya dalam menyelesaiakan masalah tersebut ? Yuk kita simak pembahasan singkat di bawah ini :

Baca juga :Berbagai Bentuk Permaslahan Sosial di Ranah Publik

Kemiskinan

Sahabat Teras, ada beberapa contoh upaya yang bisa dilakukan untuk menyelesaiakan masalah kemiskinan yang ada dalam kehidupan masayrkat kita. Yakni :

  1. Dalam tataran mikro, masyarakat di bawah garis kemiskinan nasional (GKN) diberikan bantuan pangan (rastra) dan bantuan pangan non tunai (BPNT), program keluarga harapan (PKH), serta bantuan iuran jaminan kesehatan Kartu Indonesia Sehat (KIS).
  2. Pengembangan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di luar Pulau Jawa untuk memperkuat infrastruktur, konekivitas yang menghubungkan antara pusat ekonomi dan wilayah penunjang, sekaligus memperkuat pengembangan produk local
  3. Reformasi anggaran subsidi. Alokasi untuk subsidi BBM dialihkan menjadi transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) guna mengurangi ketimpangan.
  4. Program simpanan keluarga sejahtera. Merupakan bantuan tunai melalui pembukaan rekening simpanan bagi masyarakat kurang mampu melalui Kartu Keluarga Sejahtera yang disertai dengan SIM Card untuk Layanan Keuangan Digital

Kriminalitas

Sahabat Teras, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menyelesaiakan masalah kriminalitas yang ada dalam kehidupan masayrkat kita. Yakni :

  1. Membuka lapangan kerja
  2. Meningkatkan peran serta orang tua dalam pendidikan
  3. Tidak ada tebang pilih
  4. Tindakan tegas aparat hukum
  5. Menggerakan roda perekonomian terutama ekonomi kerakyatan
  6. Tidak ada perbedaan perlakuan berdasarkan tingkatan ekonomi
  7. Menjunjung tinggi norma dan agama
  8. Mengendalikan emosi

Kesenjangan Sosial

Sahabat Teras, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menyelesaiakan masalah kesenjangan sosial yang ada dalam kehidupan masayrkat kita. Yakni :

  1. Kebijakan Pemerintah

Kebijakan pemerintah adalah upaya yang pertama untuk mencegah dan mengendalikan kesenjangan sosial.  Di antara kebijakan pemerintah yang diharapkan bisa mencegah kesenjangan sosial antara lain kebijakan tentang pemerataan pembangunan, kebijakan mengenai sistem pendidikan, penyediaan lapangan pekerjaan, perbaikan sistem perasilan,  upaya tindakan pada korban bencana alam, serta pemeliharaan lingkungan.

  1. Sosialisasi

Sosialisasi umumnya berhubungan dengan peran lembaga pengendalian sosial. Dengan sosialisai, diharapkan anggota masyarakat memiliki kesadaran tentang pentingnya pendidikan untuk manusia. Hal ini selanjutnya secara tidak langsung akan mengendalikan masyarakat untuk tidak melakukan tindakan kejahatan atau kriminal.

  1. Perbaikan Sistem Peradilan

Sistem peradilan yang diperbaiki meliputi mekanisme pelaksanaan sistem peradilan. Dengan sistem peradilan yang baik, akan menjamin persamaan hukum untuk seluruh anggota masyarakat. Hasilnya tidak ada lagi perbedaan hukum karena perbedaan status sosial dan ekonomi terhadap seseorang. Sistem peradilan yang baik pun meniadakan korupsi, kolusi, dan nepotisme yang berujung kepada kesenjangan sosial.

  1. Pemerataan Fasilitas Publik

Fasilitas publik atau fasilitas umum,  contohnya sarana kesehatan dan sarana transportasi diperlukan untuk mencegah kesenjangan sosial, terutama kesenjangan dipemukiman daerah dan kota. Dengan fasilitas umum yang baik, daerah juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonominya, memperkecil perbedaan dengan kota.

  1. Optimalisasi Sumber Daya

Kesenjangan sosial bisa dicegah dengan mengoptimalisasi sumber daya manusia dan sumber daya alam dari sebuah daerah. Meskipun terjadi bencana alam atau daerah yang dikatakan miskin sumber daya, dengan optimasi dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Salah satu bentuk optimasi sumber daya manusia ialah meningkatkan kreativitas masyarakatnya serta meningkatkan kepercayaan diri

Baca juga : Penyelesaian Masalah Secara Preventif dan Represif

Ketidakadilan

Sahabat Teras, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menyelesaiakan masalah ketidakadilan yang ada dalam kehidupan masayrkat kita. Yakni :

  1. Tidak membeda-bedakan tingkat golongan pada bidang apapun
  2. Harus memperjuangkan keadilan
  3. Pemerintah mempertegas kinerja lembaga yang baik dalam bidang kesehatan, pendidikan dan lain – lain.
  4. Dengan menegakkan ham, pemberian sanksi bagi yang melanggar hukuman, pembentukan undang-undang atau peraturan yang melindungi masyarakat.

Sahabat Teras, demikian hanya sebagian kecil dari upaya penyelesaian masalah sosial yang ada dalam masyarakat kita. Masih begitu banyak analisa mengenai upaya penyelesaian yang tepat sesuai dengan permasalahan yang di hadapi. So, yuk jangan ragu untuk berani memberikan solusi atau upaya terhadapperamsalahan sosial yang ada di sekitar kalian. Salam Teras….