Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Pengertian dan Faktor Penyebab)

Hallo Sahabat Teras !

Pernah atau tidak Sahabat Teras menjumpai Permasalahan Sosial yang ada di sekitar kalian ? Misalnya nih ketika Sahabat Teras sedang berada di traffic light menunggu lampu hijau menyala tiba-tiba di datangi seorang anak kecil yang mengamen dan berharap mendapatkan sedikit uang dari kalian. Kok bisa ya anak kecil yang harusnya belajar di sekolah dan mengenyam pendidikan tapi justru malah menjadi anak jalanan dan mengamen di traffic light ? Nah Sahabat Teras, itu merupakan salah satu dari contoh permasalahan sosial yang ada di masyarakat kita khususnya di wilayah perkotaan.

Baca juga : Berbagai Bentuk Permaslahan Sosial di Ranah Publik

Hmmm… Kira-kira apa sih permasalahan sosial itu ? Dan apa saja faktor yang dapat menjadi penyebab permasalahan sosial itu ? Yuk simak penjelasan materi permasalahan sosial di bawah ini.

15 - Pengertian Masalah Sosial

Pengertian Permasalahan Sosial

Sahabat Teras, aa beberapa ahli yang memberikan pendapat mengenai pengertian permasalahan sosial dalam masayrakat. Berikut pendapat para ahli sosiologi :

(Richard dan Richard) Menurut mereka, Masalah sosial adalah pola perilaku dan konsisi yang tidak diinginkan dan tidak dapat diterima oleh sebagian besar anggota masyarakat.

(Soerjono Soekanto) Menurutnya, masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur kebudayaan atau masyarakat yang dapat membehayakan kehiduapan kelompok sosial.

(Martin S. Weinberg) Menurutnya, masalah sosial merupakan situasi yang dinyatakan sebagai keadaan yang bertentangan dengan nilai-nilai oleh warga masyarakat yang cukup penting, dimana masyarakat sepakat melakukan suatu tindakan guna mengubah situasi tersebut.

(Bulmer dan Thompson) Menurut mereka, masalah sosial ialah suatu kondisi yang terjadi dimana dapat mengancam nilai-nilai didalam masyarakat sehingga berakibat pada sebagian besar dari anggota masyarakat.

(Soetomo) Menurutnya, masalah sosial ialah suatu kondisi yang tidak diinginkan terjadi oleh sebagian besar dari warga masyarakat.

(Lesli) Menurutnya, masalah sosial adalah suatu kondisi yang berpengaruh terhadap kehidupan sebagian besar warga masyarakat sebagai suatu yang tidak diinginkan dan karenanya perlu tindakan untuk mengatasi atau memperbaikinya.

Baik Sahabat Teras, bisa kita simpulkan bersama bahwa Permasalahan Sosial merupakan kondisi yang tidak diinginkan oleh masyarakat karena adanya ketidaksesuaian atau bertentangan dengan nilai-nilai dan norma dalam masyarakat. Artinya “Kenyataan tidak sesuai dengan Harapan = Masalah

Baca juga : Upaya Penyelesaian Permasalahan Sosial di Ranah Publik

Faktor Penyebab Permasalahan Sosial dalam Maysarakat

Sahabat Teras, permasalahan sosial yang muncul dalam kehidupan kita pastilah ada sebabnya. Tidak mungkin masalah sosial muncul dengan tiba-tiba begitu saja. Bisa jadi masalah sosial di sebabkan karena suatu hal. Misalnya seperti adanya Tindakan Curanmor (Pencurian Sepeda Motor) ketika para pelaku berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian hamper semua pengakuan dari tersangak Curanmor beralasan melakukan tindakan criminal karena alasan untuk mencukukupi kebutuhan hidup dan sulitnya mencari lapangan pekerjaan. Nah , ini adalah salah satu faktor ekonomi yang menjadi sebab permasalahan sosial dalam masyarkaat muncul.

Lantas ? Apa saja sih yang menjadi faktor penyebab permasalahan sosial dalam masyarakat itu ? Yuk simak penjelasan materi di bawah ini :

15 - Faktor Penyebab Masalah

Faktor Ekonomi

Masalah dalam ekonomi biasanya berupa masalah pengangguran, kemiskinan dan lain-lain. Dalam masalah ini biasanya yang harus bertanggung jawab adalah pemerintah, karena pemerintah kurang menyediakan lapangan kerjan bagi masyarakat. Jika masyarakat mengalami permasalahan ini akan mengakibatkan sangat rentannya anggota masyarakat untuk melakukan tindakan krriminalitas dan kekurangan ekonomi dapat dijadikan suatu alasan atau pembenaran dalam melakukan tindakan tersebut. Faktor ekonomi juga dapat dijadikan sebagai acuan maju atau tidaknya suatu negara serta faktor ekonomi dapat mempengaruhi masalah sosial pada aspek prikologis dan biologis masyarakat.

Faktor Budaya

Faktor ini maksudnya kebudayaan yang semakin berkembang pada masyarakat akan mempunyai peran yang dapat memicu timbulnya masalah sosial. Misalnya seperti pernikahan pada usia dini, kawin-ceraii, kenakalan pada remaja dan lain-lain atau seperti saat ini negara kita sedang terus menerus dimasuki budaya asing.

Faktor ini harus mendapat perhatian secara serius karena kebudaya pada suatu negara dapat mencerminkan kebiasaan masyarakatnya. Dengan mempelajari atau mendalami pendidikan agama mungkin dapat mencegah, menyadarkan ataupun menyaring budaya asing yang masuk.

Faktor Biologis

Selanjutnya adalah faktor biologis, faktor ini dapat menyebabkan timbulnya masalah sosial misalnya seperti kuarang gizi, penyakit menular dan lain-lain. Hal ini terjadi karena kurangnya fasilitas-fasilitas kesehatan yang layak dan dapat terjadi juga karena kondisi ekonomi maupun pendidikan masyarakat yang tidak mencukupi. Jadi sebagian besar kondisi dari biologis masyarakat mudah terjangkit penyakit, untuk solusinya mungkin pada saat ini dengan cara meningkatkan fasilitas-fasilitas kesehatan dan memberikan pengetahuan pada setiap anggota masyarakat tentang pencegahan serta memberi pengetahuan tentang pentingnya pola hidup sehat maupun pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Baca juga : Penyelesaian Masalah Secara Preventif dan Represif.

Faktor Psikologis

Selain faktor diatas ada juga faktor psikologis, masalah seperti ini dapat muncul jika psikologis suatu masyarakat sangat lemah. Faktor psikologis juga dapat juga muncul jika beban hidup yang berat yang dirasakan oleh masyarakat khususnya yang ada di daerah perkotaan, pekerjaaan yang menumpuk sehingga menimbulkan stress lalu dapat menimbulkan luapan emosi yang nantinya dapat memicu konflik antar anggota masyarakat.

Sumber :

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2017. Sosiologi; Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA/MA Kelas XI. Esis Erlangga. Jakarta

Murdiyatmoko, Janu dan Citra Handayani. 2018. Sosiologi; Sekolah Menengah Atas Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Grafindo Media Pratama. Bandung