Penyelesaian Masalah Secara Preventif dan Represif. Apa ituu ?

Sahabat Teras pasti tidak asing lagi dengan isitilah preventif dan represif dalam menyelesaiakan permaslaahan sosial yang ada di dalam masyarakat. Nah, untuk memperkuat pemahaman sahabat Teras semua alangkah baiknya kit abaca kembali mengenai penjelasan upaya pemecahan masalah sosial ini.

Yuk simak penjelasan di bawah ini :

Pemecahan Masalah Secara Preventif

18 - Penyelesaian A

Upaya pemecahan masalah preventif merupakan pemecahan masalah yang dilakukan sebelum masalah tersebut terjadi dan dilakukan dengan cara pencegahan terhadap permasalahan tersebut. Hal ini bertujuan supaya masalah tersebut muncul dalam masyarakat. Sehingga dapat menekan terjadinya permasalahan sosial itu sendiri.

Pemecahan masalah dengan metode preventif lebih sulit karena masalah yang dihadapi dalam lingkup yang luas, karena harus didasarkan pada penelitian yang mendalam terhadap masalah yang akan dicegah. Perlu adanya kajian dan penelitian secara mendalam, sehingga dapat menemukan cara yang tepat dalam upaya preventif ini.

Baca juga : Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Pengertian dan Faktor Penyebab)

Pemecahan Masalah Sosial Secara Represif

18 - Penyelesaian B

Upaya penyelesaian masalah dengan metode Represif merupakan metode pemecahan masalah setelah masalah tersebut terjadi. Sehingga muncul terlebih masalah dalam kehidupan sosial masyarakat kita. Kemudian di cari solusi atau upaya yang tepat dari masalah yang muncul tersebut.

Setelah suatu gejala dapat dipastikan merupakan masalah sosial maka barulah diambil tindakan-tindakan untuk mengatasinya. Biasanya tindakan yang dilakukan bisa dengan berbagai cara, baik itu sosialisasi, hukuman, dibuatnya kebijakan, dan lain sebagainya.

Nah, sahabat Teras sudah paham kan mengenai upaya penyelesaian masalah secara preventif dan represif ini kan ? Kira-kira menurut Sahabat Teras upaya yang mana yang lebih tepat dalam mengatasai masalah sosial yang ada di masyarakat saat ini ?