Diferensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial dalam Msayarakat

Sahabat Teras,

Dalam masyarakat Indonesia yang memiliki struktur sosial. Didalamnya ada pengkotakan masyarakat secara vertical dan ada pengkotakan masayarakat secara horizontal. Hal tersebut yang familiar kita pahami dengan stratifikasi sosial serta diferensiasi sosial. Nah, apakah kalian sudah tau mengenai duah tersebut ? Yuk simak penjelasan materi di bawah ini untuk menambah wawasan kalian mengenai materi ini ;

DIFERENSIASI SOSIAL

Sahabat Teras, Apa sih yang dimaksud dengan diferensiasi sosial ? Diferensiasi sosial secara umum merupakan klasifikasi atau penggolongan terhadap perbedaan-perbedaan tertentu yang bisaanya sama atau sejenis. Pengertian sama disini menunjuk pada klasifikasi masyarakat secara horizontal, mendatar atau sejajar.

20 - Diferensiasi Sosial

Didalam masyarakat kita ada berbagai macam atau bentuk diferensiasi sosial. Berikut merupakan penjelasannya :

Baca juga : Pengertian Struktur Sosial dalam Masayrakat

Diferensiasi RAS. Perbedaan kelompok manusia yang memiliki ciri-ciri fisik bawaan yang sama. Seperti warna kulit, bentuk kepala, bentuk hidung, bola mata, dan rambutnya

Diferensaisi Etnis. Etnis adalah golongan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial lainnya, karena mempunyai ciri-ciri yang paling mendasar dan umum yang berkaitan dengan asal usul, tempat asal, serta kebudayaannya. Ciri-ciri yang paling mendasar tersebut, antara lain kesamaan dalam hal ciri fisik, bahasa daerah, kesenian, dan adat istiadat.

Diferensiasi Agama. Agama merupakan suatu sistem terpadu mengenai kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci dan menyatukan semua pengikutnya ke dalam suatu komunitas moral yang disebut umat. Semua ajaran agama mengatur hubungan, baik hubungan antara sesama manusia maupun hubungan antara manusia dengan Tuhan.

Diferensiasi Jenis Kelamin. Secara alamiah berdasarkan jenis kelamin, manusia diseluruh dunia dapat dibedakan menjadi dua kelompok secara biologis, yaitu laki-laki dan perempuan. Pembedaan berdasarkan jenis kelamin ini bersifat horizontal sehingga membentuk diferensiasi sosial.

Diferensiasi Klan. Klan sering juga disebut kerabat, keluarga besar, atau keluarga luas (extended family). Dalam masyarakat Indonesia terdapat dua bentuk klan utama, yakni klan atas dasar garis keturunan ibu (matrilinier) dan atas dasar garis keturunan ayah (patrilineal).

Diferensiasi Profesi. Profesi atau pekerjaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan manusia sebagai sumber penghasilan atau mata pencahariannya. Di masyarakat terdapat berbagai macam profesi yang dimiliki anggota masyarakat.

Diferensaisi Daerah Asal. Diferensiasi berdasarkan asal daerah merupakan pengelompokan berdasarkan tempat tinggal atau daerah asal.

Diferensiasi Partai Politik. Partai politik adalah tempat untuk menampung aspirasi masyarakat agar turut serta dalam mengatur negara. Diferensiasi partai dalam hal ini perbedaan masyarakat dalam mengatur kekuasaan negara berupa kesatuan sosial dan sealiran.

STRATIFIKASI SOSIAL

Sahabat Teras, apasih yang kalian ketahui mengenai Stratifikasi Sosial ? Stratifikasi Sosial merupakan perbedaan penggolongan tingkat kedudukan atau kelas, dari kelas tertinggi sampai kelas terendah. Sedangkan menurut Soerjono Soekanto sttratifikasi sosial merupakan pembedaan posisi seseorang atau sekelompok dalam kedududkan berbeda-beda secara vertical.

20 - Stratifikasi Sosial

Perlu sahabat Teras ketahui pula, Startifikasi Sosial memiliki beberapa sifat. Berikut sifat dari stratifikasi sosial ;

Stratifikasi Sosial Tertutup. Yakni stratifikasi sosial yang bentuk atau sifatnya tertutup membatasi kemungkinan berpindahnya seorang dari satu lapisan ke lapisan lainnya, baik yang bergerak ke atas maupun kebawah. Contohnya Sistem Kasta masyarakat India, Masyarakat feodal, Masyarakat rasialis dll.

20 - Stratifikasi Terbuka

Stratifikasi Sosial Terbuka. Yakni stratifikasi sosial yang bentuk atau sifatnya terbuka sehingga setiap anggota msayrakat memiliki kesempatan utnuk berusaha naik ke lapisan yang lebih tinggi, atau jika kurang beruntung dapat jatuh ke lapisan yang lebih rendah. Contohnya pada kehidupan kelompok masyarakat perkotaan, Semakin maju seseorang maka stratifikasi sosialnya akan semakin baik.

Baca juga : Pengertian, Faktor Pendorong dan Bentuk Mobilitas Sosial

20 - Stratifikasi Tertutup

Stratifikasi Sosial Campuran. Yakni stratifikasi sosial campuran merupakan kombinasi antara stratifikasi sosial tertutup dengan stratifikasi sosial terbuka. Contohnya Seorang anggota kasta brahmana pada masyarakat memiliki kedudukan yang dihargai oleh masyarakat lingkungannya, tetapi jika ia pindah ke Jakarta maka ia harus menyesuaiakan diri dengan anggota masyarkaat yang baru

20 - Stratifikasi Campuran

Sumber :

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2017. Sosiologi; Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA/MA Kelas XI. Esis Erlangga. Jakarta

Murdiyatmoko, Janu dan Citra Handayani. 2018. Sosiologi; Sekolah Menengah Atas Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Grafindo Media Pratama. Bandung