Apasih Pengertian Struktur Sosial dalam Masyarakat ?

Hallo Sahabat Teras !

Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman suku, budaya, ras, agama dan perbedaan yang lainnya. Tak heran jika negara kita yang tercinta ini identic dengan kehidupan masayarakat yang multicultural. Didalam masayakrat Indonesia yang sangat beragam dan kompleks ini terdapat sebuah struktur sosial yang begitu sangat kompleks. Apakah sahabat Teras sudah tau akan hal ini ?

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian struktur sosial. Yuk simak penjelasan di bawah ini :

19 - New Struktur sosial

APA YANG KALIAN KETAHUI MENGENAI  “STRUKTUR SOSIAL” ?

Secara umum Struktur Sosial merupakan tatanan social dalam kehidupan masyarakat yang didalamnya terkandung hubungan timbal balik antara status dan peranan yang mengacu pada suatu keteraturan perilaku dalam masyarakat.

Baca juga : Diferensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial dalam Msayarakat

Namun, perlu sahabat Teras ketahui juga ada beberapa ahli yang memaparkan penjelasan mengenai sturktur sosial. Siapa saja itu ? Yuk simak pendapat para ahli di bawah ini :

Pengertian Struktur Sosial Menurut Para Ahli

  • (Soerjono Soekanto) Struktur sosial merupakan Sebuah hubungan timbal balik antara posisi-posisi sosial dan peranan-peranan sosial.
  • (Kornblum) Struktur sosial yaitu suatu pola perilaku individu dan kelomok , yaitu perilaku berulang-ulang yang menciptakan hubungan antar kelompok dalam masyarakat.
  • (Raymond Flirth) Struktur sosial merupakan salah satu pergaulan hidup manusia yang meliputi beragam tipe dari kelompok yang terjadi dari banyak orang yang meliputi berbagai lembaga-lembaga dimana banyak orang dapat mengambil bagian didalamnya.
  • (George Simmel) Struktur sosial merupakan suatu kumpulan individu serta pola perilakunya.
  • (D. Hendropuspito) Struktur sosial yakni suatu skema penempatan dari berbagai nilai-nilai sosio-budaya dan juga berbagai organ-organ masyarakat pada posisi yang dapat dianggap sesuai, demi berfungsinya suatu organisme masyarakat sebagai salah satu keseluruhan, dan juga demi kepentingan masing-masing bagian untuk sebuah jangka waktu yang relatif lama.
  • (Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi) Struktur sosial yaitu satu keseluruhan jalinan antara berbagai unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial dan kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial.

Sumber :

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2017. Sosiologi; Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA/MA Kelas XI. Esis Erlangga. Jakarta

Murdiyatmoko, Janu dan Citra Handayani. 2018. Sosiologi; Sekolah Menengah Atas Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Grafindo Media Pratama. Bandung