Ini Lho Pengertian Sosiologi Menurut Para Ahli. Kalau Pengertian Menurut Kamu ?

Pernah nggak sih Sahabat Teras di tanya oleh teman atau saudara, tentang apa sih Sosiologi itu ? Pastinya bagi yang belum pernah tau tentang Sosiologi akan bingung menjawab pertanyaan ini. Nahh, sedikit pengantar nih, Sahabat Teras perlu tau bahwa istilah Sosiologi pertama kali ditemukan oleh ahli filsafat, moralis, dan sekaligus sosiolog berkebangsaan Perancis, Auguste Comte. Menurut Comte, Sosiologi berasal dari kata latin socius yang artinya teman atau sesame dan logis dari kata Yunani yang artinya cerita. Jadi pada awalnya, sosiologi berarti bercerita tentang teman atau kawan (masyarakat).

Sebagai sebuah ilmu, sosiologi merupakan pengetahuan kemasyarakatan yang tersusun dari hasil-hasil pemikiran ilmiah dan dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain atau umum. Supaya lebih tau mendalam pengertian Sosiologi, yuk kita pahami definisi-definisi sosiologi yang dikemukakan beberapa ahli di bawah ini :

(Baca juga : Objek Kajian Sosiologi Menurut ahli)

Piritim Sorokin

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari:

  • Hubungan dan pengaruh timbsl balik antara aneka macam gejala social (misalnya gejala ekonomi, gejala agama, gejala keluarga, dan gejala moral)
  • Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala social dengan gejala nonsosial (gejala geografis, biologis)
  •  Ciri-ciri umum semua jenis gejala-gejala sosial lain.

Roucek dan Warren

Sosilogi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok- kelompok.

William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf

Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah tentang stuktur-stuktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil.

Max Weber

Sosiologi adalah ilmu yang beruapaya memahami tindakan-tindakan social.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi

Sosiologa adalah ilmu kemasyarakatan yang mempelajari stuktur social dan proses- proses social termasuk perubahan sosal.

Paul B. Horton

Sosiologi adalah ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok dan produk kehidupan kelompok tersebut.

Soerjono Soekanto

Sosilogi adalah ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

William Kornblum

Sosiologi adalah suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku sosial anggotanya dan menjadikan masyarakat yang bersangkutan dlam berbagai kelompok dan kondisi.

Allan Johnson

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat di dalamnya mempengaruhi sistem itu.

Dari beberapa definisi di atas dapat disederhanakan, yaitu sosiologi adalah ilmu yang membicarakan apa yang sedang terjadi saat ini, khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat serta berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional, empiris serta bersifat umum.

(Baca juga : Ciri-ciri Ilmu Sosiologi)

Nahhh, itu aalah beberapa pengertian Sosiologi menurut beberapa ahli. Dan perlu Sahabat Teras ketahui masih banyak sekali pengertian menurut ahli-ahli yang lain. Tapi sebelum belajar lebih jauh ke ahli sosiologi lain, Apa sih pengertian Sosiologi menurut Sahabat Terass ? Semoga bisa bermanfaat sedikit informasi kali ini….

Sumber :

Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2014. Sosiologi 1:Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta. Esis Erlangga